MPLS ( Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah )

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan suatu masa untuk anak mengenal lingkungan sekolah barunya, sumber belajar, dan dukungan awal sebelum anak memulai perjalanan pendidikannya. Dalam masa ini setiap peserta didik baru berkesempatan terkoneksi dengan teman sebayanya dan menjadi momen penting bagi peserta didik dalam proses belajar dan pendidikannya. SD Negeri Tepus IV juga melaksanakan kegiatan MPLS untuk para peserta didik baru kelas satu yang berjumlah Dua Puluh Satu siswa.

            Pada hari pertama sekolah yaitu tanggal 15 Juli 2024, dilaksanakan upacara bendera dan dilanjutkan dengan pelaksanaan kegiatan MPLS dengan tema perkenalan warga sekolah yang terdiri dari tenaga pendidik maupun kependidikan serta teman sebaya. Para peserta didik kelas satu menggunakan name tag agar lebih memudahkan untuk berkenalan. Kegiatan perkenalan dilanjutkan dengan games bernyanyi dan menari bersama agar para siswa dapat menikmati kegiatan MPLS dengan gembira.

            Pada hari kedua MPLS memiliki tema yaitu lingkungan belajar yang nyaman. Kegiatan MPLS ini dilaksanakan di dalam kelas. Guru kelas mengenalkan beberapa fasilitas yang tersedia di dalam kelas. Para peserta didik diberikan instruksi dari guru untuk membersihkan lingkungan dalam kelas secara bergotong royong agar nantinya para siswa dapat belajar dengan nyaman. Terdapat pembagian kerja dalam membersihkan kelas yaitu ada siswa yang menyapu, mengelap meja dan kursi, dan menata buku-buku.

Pada hari ketiga MPLS dengan tema perkenalan lingkungan sekitar dan visi misi sekolah. Para peserta didik mengikuti kegiatan jelajah alam menyusuri jalan pedesaan di sekitar sekolah. Selama perjalanan, guru pendamping kegiatan memberikan edukasi untuk para siswa terkait beberapa lokasi yang dilewati seperti pemukiman warga, serta edukasi tentang berbagai tumbuhan yang ditemui setiap perjalanan. Sesampainya di sekolah, para peserta didik duduk di halaman dan menikmati bekal yang telah mereka bawa dari rumah. Setelah itu, guru menyampaikan visi misi sekolah kepada para siswa. Para peserta didik MPLS merasa senang mengikuti kegiatan.

Kegiatan

Berita

Pengunjung

Flag Counter

Copyright © 2019 Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Gunungkidul